Ripple Coin : Fungsi dan Bagaimana Prospek kedepannya

Bagi anda yang berinvestasi di cryptocurrency tentu tidak asing dengan altcoin yang satu ini. ya namanya Ripple. Berbeda dengan crypto lainnya Ripple bersifat sentralisasi artinya ripple dikendalikan dan dikeluarkan oleh satu perusahaan yang bernama Ripple.

Ripple didirikan diatas platform blockchain tetapi dengan teknologi dan proses yang unik dan ditujukan untuk membantu payment sistem atau transfer bank. Ripple sendiri dirancang untuk menggantikan swift code dalam proses transfer antar bank sehingga lebih cepat dan murah.

Coin Name : Ripple (XRP)

Tipe : Coin

Total Supply : 100.000.000.000 XRP

Pendiri : Ryan Fugger

Ripple kini menduduki peringkat 3 dari coinmarketcap, sempat menduduki peringkat 2 setelah bitcoin namun turun kembali. Ripple begitu istimewa di dalam perbankan karena kemudahannya dan teknologi yang cepat dan murah (low fees).

Jika anda ingin mentransfer dana menggunakan payment sistem yang lama atau old banking maka diperlukan 1-2 hari bahkan lebih untuk mengirim sejumlah dana antar negara. Namun dengan teknologi ripple maka dimungkinkan untuk mengirim uang dengan cepat dan murah.

Asal Mula Ripple

Ripple muncul karena melihat adanya kekurangan mata uang digital pertama yaitu bitcoin. Dalam hal kecepatan kirim dan sistem pembayaran digital. Bitcoin dirasa kurang cocok ketika diaplikasikan ke dalam sistem pembayaran.

Ripple diciptakan pertama kali oleh Jed McCaleb yaitu salah satu kriptografer terbaik di dunia dan dilaunch pada tahun 2012 dan langsung menduduki peringkat 10 besar dari coinmarketcap.

Tujuan utama ripple diciptakan adalah sebagai alat pembayaran global berbasis internet protocol seperti http dan TCp yang digunakan untuk pengaturan data di dalam website.

Keunggulan Ripple antara lain :

  1. Kecepatan transaksi dapat terselesaikan kurang lebih dalam 4 detik
  2. Mata uang Ripple sendiri tidak dapat dimining sehingga mengurangi risiko 51% attack
  3. Saat ini sudah digunakan lebih dari 80 bank besar di dunia seperti standart chatered, National Australia Bank citi, visa dan nasdaq
  4. Ripple juga merupakan mata uang digital yang sangat patuh dengan aturan di setiap negara
  5. Keamanan ripple sangat tinggi dan didukung teknologi keamanan yang mutakhir

Bagaimana Prospek Ripple kedepan?

Ripple di awal tahun 2018 sempat menyentuh angka tertinggi kisaran 3 usd. Prospek ripple kedepan sangat besar dikarenakan sistem yang semakin stabil dan pengguna yang makin banyak antara lain bank-bank besar dan saya sangat optimis dikarenakan ripple sangat patuh terhadap aturan di sebuah negara.

Jika anda berinvestasi Ripple pada awal tahun 2017 sebesar 3-4 juta maka uang anda di awal tahun 2018 menjadi hampir 1.000.000.000 (berdasarkan data historis di coinmarketcap).

Untuk kedepan Ripple diprediksi masih sangat berpeluang untuk menembus titik tertinggi dari awal tahun 2017. Kelemahan ripple adalah sebagian orang yang suka coin desentralisasi sangat tidak menyukai ripple karena sifatnya yang dikendalikan oleh satu pihak yaitu perusahaan sehingga ada kemungkina mekanisme pump and dumb.

 

erick gunawan
 

Hi nama saya erick gunawan, seorang digital marketer dan digital asset Investor. Saya akan membagikan informasi seputar cryptocurrency ataupun digital aset lainnya dan juga sharing mengenai perjalanan saya selama berinvestasi di Digital aset. Semoga Blog ini dapat memberikan manfaat serta value buat anda yang baru terjun ataupun sedang berinvestasi di crypto atau digital aset.

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: