Beda Bitcoin dan Altcoin, Coin dan Token

Ketika anda berinvestasi di dalam dunia digital asset atau cryptocurrency maka seringkali anda mendengar kata bitcoin, altcoin, token ataupun coin. Sebenarnya apa perbedaan antara bitcoin, altcoin dan token? Nah artikel kali ini membahas mengenai perbedaan antara istilah2 tersebut agar tidak misleading.

Bitcoin merupakan cryptocurrency atau digital asset pertama yang lahir dari pertama kali penemuan teknlogi blockchain. Tahun 2009 sejak “satoshi nakamoto” mengenalkan visinya mengenai sistem transaksi peer-to-peer maka bitcoin menjadi salah satu produk pertama dari teknologi blockchain.

Perkembangan Bitcoin

Bitcoin adalah produk pertama dari teknologi blockchain. Apa itu blockchain? singkatnya blockchain adalah sebuah public ledger atau buku besar publik yang dapat dilihat semua orang dan transparan dalam pencatatannya.

Di dalam sistem tradisional bank , maka ada suatu lembaga atau yang disebut bank sentral (kalau di Indonesia seperti Bank Indonesia) yang mengontrol semua peredaran uang di masing-masing bank.   Dan di bank sendiri adalah tempat mengontrol uang-uang yang beredar di setiap nasabah ataupun individu yang bertransaksi. Mereka dapat mengetahui berapa transaksi yang anda lakukan dan sisa saldo anda.

Bank sentral memiliki kuasa penuh serta data detail transaksi anda serta dapat mengetahui arus uang beredar. Namun di dunia cryptocurrency bersifat peer-to-peer atau desentralisasi dimana ketika anda bertransaki maka tidak memerlukan perantara atau phak ketiga.

Transaksi anda akan dicatat di dalam buku besar atau blockchain ledger dan diverifikasi oleh pihak yang disebut miners atau penambang. Karena itu di dalam dunia crypto yang mencetak uang adalah miners atau penambang. Bitcoin sendiri mempunyai jumlah limit yang terbatas yaitu 21 juta bitcoin dan diperkirakan akan berakhir tahun 2040.

Apa itu Altcoin?

Nah didalam perkembangannya banyak perubahan sistem atau improvement ke arah yang lebih baik melalui konsensus sehingga muncul beberapa alternatif coin (yang kita kenal sebagai Altcoin) yang sifatnya menyempurnakan bitcoin. Bitcoin adalah produk pertama sehingga banyak hal yang masih terus harus disempurnakan.

Apakah Bitcoin akan hilang dan ditinggalkan? tentu tidak, karena secara sistem dan jaringan bitcoin adalah crypto yang paling matang dan sudah digunakan banyak orang bahkan dijadikan dasar nilai sehingga bitcoin karena berjumlah terbatas seperti emas digital atau digital gold. Maka gak heran kalau harga bitcoin terus naik..

Altcoin sendiri adalah coin-coin selain bitcoin seperti ethereum, ripple, bitcoin cash , cardano dll. Saat ini ada sekitar 1500an cryptocurrency. Altcoin hadir untuk menyempurnakan bitcoin secara sistem ataupun proses transaksi. SEmenjak digunakan banyak orang maka jaringan bitcoin menjadi lama dan padat sehingga dalam transaksi tidak lagi cepat  bahkan bisa dalam hitungan jam. Nah hal-hal seperti ini yang terus disempurnakan menjadi alternatif coin.

Apa itu Token?

Token adalah koin yang berdiri di atas platform coin yang sudah ada misal platform ethereum dengan teknologo smartcontractnya ataupun platform waves. Saat ini platform ethereum adalah platform yang paling banyak digunakan untuk token.

Token dapat dibuat dengan lebih mudah karena mengikuti jaringan blockchain dari platform yang sudah ada. sedangkan coin memiliki jaringan blockchain sendiri.

Token sendiri memiliki fungsi dapat diperdagangkan ataupun ditukar seperti loyalti poin dll. Contoh token yang populer adalah seperti EOS, Tron dll sedangkan dalam negeri anda mengenal TEN (token tokenomy).

Token sendiri biasa didistribusikan melalui ICO (inital coin offering) atau crowdfunding sehingga kita bisa membeli token tersebut.

Nah..sekian artikel kali ini semoga dapat memberikan penjelasan untuk anda apa itu perbedaan antara bitcoin, altcoin dan token.

Jika anda mau pemula di cryptocurrency dan tertarik mau belajar cara menghasilkan uang melalui crypto atau digital asset bisa mendownload free ebook saya di link bawah ini. Anda cukup memberikan nama dan alamat email agar kami bisa mengirim ebook ke email anda.

Ebook ini berisi penjelasan cara memulai trading di cryptocurrency atau digital asset dan video singkat mengenai tutorial cara memulai trading.

 

erick gunawan
 

Hi nama saya erick gunawan, seorang digital marketer dan digital asset Investor. Saya akan membagikan informasi seputar cryptocurrency ataupun digital aset lainnya dan juga sharing mengenai perjalanan saya selama berinvestasi di Digital aset. Semoga Blog ini dapat memberikan manfaat serta value buat anda yang baru terjun ataupun sedang berinvestasi di crypto atau digital aset.

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: