Apa Itu SBR dan Cara Investasi di SBR (Saving Bond Retail)

Hi Readers… , Kali ini kita mau membahas mengenai apa itu SBR atau Saving Bond Retail. Sejak 1 tahun belakangan ini Pemerintah Indonesia banyak membangun infrastruktur di berbagai daerah guna menggenjot pertumbuhan ekonomi.

Karena dengan adanya infrastruktur maka pertumbuhan ekonomi juga bisa semakin merata dan menimbulkan efek positif bagi ekonomi negara dalam jangka panjang.

Nah..dalam membangun infrastruktur tentu diperlukan dana atau biaya yang tidak sedikit. Selain mendapatkan sumber penerimaan dari pajak tentu negara juga bisa menerbitkan Surat hutang yang terdiri dari berbagai macam.

Surat hutang yang diterbitkan negara bisa bermacam-macam jenisnya yaitu antara lain Obligasi negara, Saving bond ritel, sukuk ritel ataupun sukuk tabungan.

Nah dalam posting kali ini kita bahas yang namanya Saving bond ritel atau disingkat SBR. SBR adalah salah satu instrumen investasi pembiayaan negara yang ditawarkan kepada individu ataupun perseorangan warga negara Indonesia.

Mengapa kita perlu berinvestasi di SBR (Saving Bond Ritel)?
1. SBR merupakan salah satu investasi yang paling aman karena SBR ini dijamin oleh negara. Tentunya kita percaya bahwa negara Indonesia adalah negara yang terus maju ya..bukan negara yang akan bubar. Jadi kalau kita berpartisipasi dalam investasi SBR tentu kita optimis terhadap pertumbuhan negara Indonesia.

2. Investasi di SBR dapat dimulai dengan nilai yang sangat minim yaitu 1 juta rupiah dan teman teman bisa membeli setiap kelipatan 1 juta rupiah.

3. Mendapat kupon dengan tingkat return lebih tinggi sedikit di atas deposito. Tingkat return menggunakan sistem mengambang. Jadi setiap seri SBR berbeda2 tingkat returnya. misal SBR004 return 8,15% atau SBR 006 memiliki return minimal 7,95%.

4. Terdapat fasilitas early redemtion artinya ketika teman2 membeli SBR biasanya jatuh tempo SBR adalah 2 tahun. Artinya teman2 baru bisa mendapatkan pokok uang yang teman2 investasikan setelah 2 tahun. Namun dengan fasilitas early redemtion maka teman2 bisa mencairkan sebagian yaitu 50% dari total investasi. Biasanya fasilitas ini bisa dilakukan setelah 1 tahun teman2 membeli SBR.

Bagaimana Cara membeli SBR (Saving Bond Ritel)

Anda bisa membeli SBR di berbagai mitra distribusi (midis) yang telah ditunjuk resmi oleh kementrian keuangan. Biasanya bank bank besar seperti BCA, Mandiri dan BRI telah menyediakan fasilitas untuk membeli SBR. Bahkan di beberapa mitra fintech seperti bareksa, investree ataupun tanamduit sudah menyediakan fasilitas pembelian secara online.

Nah jika anda mau membeli SBR di bank , anda harus mendaftar terlebih dahulu untuk bisa mendapat SID (single investor identification). Anda cukup datang ke cabang bank mitra distribusi untuk mendapat SID dengan menyerahkan beberapa data dan mengisi form.

Setelah anda mendapatkan SID , anda dapat membeli SBR melalui fasilitas internet banking ataupun channel2 yang disediakan bank tsb. Pendaftaran SID hanya dilakukan sekali dan untuk pembelian selanjutnya tinggal membeli saja tidak perlu mendaftar kembali.


erick gunawan
 

Hi nama saya erick gunawan, seorang digital marketer dan digital asset Investor. Saya akan membagikan informasi seputar cryptocurrency ataupun digital aset lainnya dan juga sharing mengenai perjalanan saya selama berinvestasi di Digital aset. Semoga Blog ini dapat memberikan manfaat serta value buat anda yang baru terjun ataupun sedang berinvestasi di crypto atau digital aset.

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: